Pemkab Sergai Peringati Hari Guru Nasional Tahun 2018 Bupati Soekirman “ Kenang Jasa Guru di Pantai Muara Guru”

161

MM-SERGAI Bumi Perkemahan Pramuka Dusun XI Pulo, Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, Sergai   menjadi lokasi upacara Peringati Hari Guru Nasional Tahun 2018 dijadikan Bupati Sergai Ir.H.Soekirman sebagai “ Pantai Muara Guru” yang bertujuan untuk mengenang jasa-jasa guru  Senin (26/11). Upcara itu dihadiri  Wabup H. Darma Wijaya, Ketua TP PKK  Ny. Hj. Marliah Soekirman, para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Pabung 0204/DS Mayor Inf. M. Sirait, Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan, Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan beserta jajaran,

Dalam sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) Muhadjir Effendy yang dibacakan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman  Mengucapkan selamat kepada semua guru dan tenaga pendidik Indonesia, baik yang ada di dalam maupun luar negeri dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, komitmen dan segala ikhtiar yang telah dilakukan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan mengusung tema ” Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI” yang dipilih mengingat tantangan pendidikan di abad XXI semakin berat. Hal ini meniscayakan peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zamann.

Revolusi industri keempat yang sudah merambah kesemua sektor harus disikapi dengan arif karena telah mengubah pradaban manusia sscara fundamental. Untuk itu diperlukan guru yang profesional, guru yang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang super cepat sehingga dapat meningkatkan kualitas proses belajar mrngajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan SDM yang unggul dengan kompetensi global.

Mendikbud menjelaskan bahwa terdapat tiga ciri guru profesional yang harus dimiliki oleh para guru pertama, guru harus profesional, kedua seorang guru yang profesional hendaknya mampu membangun kesejawatan dan ketiga seorang guru yang profesional hendaknya mampu merawat jiwa sosialnya.  “ Marilah kita jadikan Hari Guru Nasional ini sebagai semangat untuk terus membangun peradaban bangsa sehingga Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu dan berkarakter serta mampu bersaing dalam kancah pergaulan global.

Acara dirangkaikan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia yang ditandai dengan penanaman pohon. Selain itu pada akhir acara dilakukan penyerahan piala untuk instansi terbersih yaitu Bappeda dan kecamatan terbersih yaitu Kecamatan Dolok Masihul.( Lim)