Perda APBD Sergai TA 2017 Disahkan

149

 

tanda-tangan-berita-acara

TANDA TANGAN :  Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya dan Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM disaksikan para pimpinan dewan serta unsur Forkopimda menandatangani Berita Acara PengesahanR-APBD Tahun 2017 menjadi APBD Tahun 2017 pada Rapat Paripurna di Gedung DPRD di Sei Rampah,

MM-BUYUNG-SERGAI DPRD Serdang Bedagai (Sergai) setelah melalui proses pembahasan akhirnya menyetujui sekaligus mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (Ranperda RAPBD) Tahun 2017 dengan nilai Rp 1, 387 triliun menjadi Peraturan Daerah (Perda) APBD 2017,  Jumat (23/12). Pengesahan itu dilakukan melalui rapat paripurna DPRD di Gedung Dewan di Sei Rampah setelah pada paripurna sebelumnya mengesahkan 17 Perda Kabupaten Sergai.

Sidang paripurna yang langsung dipimpin Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST didampingi para Wakil Ketua Riady S.Pd dan Hasbullah Hadi Damanik SE juga dihadiri Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wabup Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno MM, para anggota dewan, unsur Forkopimda, jajaran SKPD  dan Camat se-Kabupaten Sergai.

Dalam hasil pembahasannya, Badan Anggaran (Banggar) DPRD melalui Nuralamsyah SH, MKn menyampaikan bahwa RAPBD Sergai TA 2017 yang disampaikan 13 Desember lalu telah melalui tahapan pembahasan oleh tim Banggar Sergai yang terdiri dari 21 orang anggota dewan sejak tanggal 13 hingga 22 Desember 2016.  Melalui laporannya, Jubir Banggar Nuralamsyah menyampaikan 4 poin kesepakatan untuk mendapat perhatian dari Bupati Sergai diantaranya agar program perikanan yang berasal dari anggaran DAK dianggarkan dana pendampingannya untuk pembinaan dan pengawasan kepada kelompok penerima bantuan. Selain itu, diminta agar penyusunan RKPD agar memperhatikan pokok pikiran DPRD yang memuat usulan masyarakat yang masuk ke DPRD melalui reses, rapat dengar pendapat maupun kunjungan ke lapangan.

Ranperda RAPBD tahun 2017 yang disetujui menjadi Perda APBD TA 2017 ini terdiri dari komposisi pendapatan asli daerah (PAD) sebesar 102,4 M dan dana perimbangan Rp 1,063 T serta lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp. 221,1 M.. Sedangkan belanja daerah mencapai total Rp 1,386 T untuk belanja langsung dan belanja tidak langsung. Kemudian pengeluaran pembiayaan daerah untuk penyertaan modal (investasi) pemerintah daerah dianggarkan sebesar 1M.

Usai pengesahan Perda APBD TA 2017, Bupati Sergai H. Soekirman dalam sambutannya mengungkapkan dengan disahkannya R-APBD tahun 2017 ini menjadi landasan hukum dan pedolam dalam merealisasikan berbagai program kegiatan di tahun 2017 mendatang guna melanjutkan pembangunan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat di daerah ini. Kita memang harus secara terus menerus dan berkesinambungan memenuhi tuntutan aspirasi masyarakat baik yang menyangkut kebutuhan langsung maupun penyediaan sarana dan prasarana umum yang dibutuhkan, ungkap Bupati Soekirman.