Wiwik Anak Kampung Bercita-cita Majukan Sergai

552
H. Darma Wijaya akrap di sapa Wiwik bersama masyarakat Dolok Masihul.
SERDANG BEDAGAI- MAHARDIKA
Mengulas sosok H. Darma Wijaya yang akrap di sapa Wiwik asli putra daerah kelahiran Dolok Masihul 1 Agustus 1973.  Ia putra ke enam dari tujuh bersaudara pasangan Alm. H. Ahmadin dan ibunda Almh. Hj. Aslamiyah.
Ada kisah dalam perjalanan hidup Wiwik yang belum tentu di miliki seseorang. Memiliki jiwa sosial tinggi, pekerja keras, tidak gampang putus asa membuatnya mampu menjalani kehidupan yang serba susah alias hidup dari keluarga miskin. Garis tangan yang sudah ditentukan oleh Allah Tuhan Yang Maha Esa kini Wiwik telah menjabat sebagai Wakil Bupati Sergai masa periode 2015-2020.
Pada tahun politik 2015 ia di pinang oleh Ir. H. Soekirman untuk mendampinginya sebagai wakil Bupati Sergai. Kehadiran Wiwik di kontes pilkada Sergai itu terbukti mendongkrak jumlah suara di 17 Kecamatan 6 kelurahan dan 237 desa SE Sergai. Kini anak kampung itu memiliki mimpi besar untuk memajukan daerahnya.
Nama Wiwik mulai dikenal di tahun 1999 kala itu ia sebagai ketua ranting Ikatan Pemuda Karya (IPK) Dolok Manampang. Mengikuti organisasi itu Wiwik mulai melebarkan sayap. Pria berkulit itam dan dikenal rendah hati ini memiliki sosial tinggi serta setia kawan dan hobi berorganisasi. Dari catatan organisasi yang pernah ia jabat adalah.
Ditahun 2004 Wiwik menjabat sebagai Ketua Satgas DPD IPK Sergai dan Wakil Ketua PK GOLKAR. Ditahun 2009 Wiwik menjabat Ketua DPD IPK Sergai, Wakil Ketua Mitra Kamtibmas dan juga menjabat sebagai bendahara MKGR Sergai. Pada tahun 2010 Wiwik menjabat sebagai wakil ketua pertimbangan karang taruna Sergai serta Bendahara DPD Golkar. Pada tahun 2011 Wiwik di percaya menjabat sebagai ketua KONI Sergai. Pada tahun 2013 Wiwik menjabat sebagai ketua KADIN Sergai.
Pada tahun 2014 Wiwik kembali menjadi wakil ketua DPD IPK Sergai. Pada tahun 2016 Wiwik menjabat sebagai Ketua GARDA NasDem Sumatera Utara, pada tahun 2019 Wiwik dipercaya sebagai Ketua DPC PDI.P Sergai dan kini Wiwik Wabup Sergai aktif periode 2015-2020.
Tentunya dalam perjalanan karir Wiwik bukan tergolong mudah. Sejak dilahirkan ia tidak pernah punya mimpi akan menjadi seorang pejabat. Setiap perjalan hidupnya sejak kecil hingga saat ini tidak pernah memiliki beban selalu dikerjakan dengan iklas.
Semasa kecil, Wiwik anak seorang buruh kebun di  PTPN III Sarang Ginting, Dolok Masihul. Kesehariannya hanya sebagai pengembala kambing dan sapi milik warga yang di tumpangi dan milik ayahnya.  Masa kecilnya itu dihabiskan untuk gembala ternak beda dengan anak seusianya usai pulang sekolah lanjut bermain.
Kisah yang membuat Wiwik tidak bisa melupakannya sampai saat ini adalah orang yang selalu memberikannya es cendol. Semasa kecil Wiwik jarang diberikan jajan oleh orang tuanya, untuk mendapatkan es cendol Wiwik selalu menunggu penjual es cendol yang melintas dekat rumahnya. Wiwik selalu mendorong gerobak penjual es cendol saat menaiki jalan meninggi. Sebagai upah ia diberikan es cendol.  Setiap ingin minum es cendol Wiwik selalu menunggu penjual es itu untuk segera di bantunya.
Hingga kebiasaan Wiwik setiap kali ada anak-anak saat ia mengunjungi suatu tempat selalu memborong dagangan jualan lalu jajan itu diberikan kepada anak-anak hingga anak tersebut bisa jajan mengingat masa kecilnya sulit mendapat jajan. Selain gembala ternak Wiwik juga sebagai penjual durian hingga masa kecilnya dihabiskan untuk kegiatan yang bermanfaat.
Wiwik tergolong dekat kepada siapa pun dan tidak memandang golongan bahkan sejak menjabat sebagai Wakil Bupati Sergai ia seperti tidak tampak sebagai pejabat. Wiwik tipe orang yang tidak ingin di publikasi baik prestasi maupun kegiatan sosialnya namun kegiatan Wiwik dan apa yang telah dilakukannya selama menjabat sebagai Wabup Sergai selalu diketahui masyarakat Sergai.
Humoris dan Memiliki Jiwa Sosial Tinggi
Yah. Wiwik adalah orang yang suka bergaul, Humoris dan memiliki jiwa sosial serta kepedulian tinggi  “Jangan Pernah Bermimpi Jadi Kaya Jika Menjadi Pejabat” ternyata apa yang diperolehnya menjabat sebagai Wakil Bupati digunakan untuk membantu masyarakat Sergai. Masyarakat yang tertimpa musibah seperti korban angin puting beliung ia gunakan uang pribadinya untuk meringankan beban mereka. Hingga dalam setahun ini kurang lebih 300 kepala keluarga korban angin puting dibantu Wiwik.
Kepeduliannya untuk menolong orang lain juga tampak dalam bentuk memperbaiki rumah orang miskin. Bahkan sudah cukup banyak rumah orang susah dia rehap bahkan ada yang di bangun baru oleh Wiwik. Rata-rata rumah yang di bangun adalah rumah orang jompo dan ada rumah sahabatnya sendiri di Dolok Masihul yang berprofesi sebagai guru ngaji.
Jiwa menolong dari seorang Wiwik ini sangat menjadi inspirasi, begitu juga jiwa kesetiakawanannya bahkan para sahabat Wiwik masih mengingat Wiwik rela menjual satu-satunya sepeda motor miliknya hanya untuk membantu meringankan beban dari sahabatnya.
” Saya sangat mengenal Wiwik yang memiliki jiwa sosial tinggi tidak sombong ia hidup dari bawah hingga merintis meski sudah menjadi Wakil Bupati Sergai namun tidak pernah berubah” tutur Anto (66) tak lain tetangga Wiwik terdahulu di Dolok Manampang.
Sebagai anak yang berbakti kepada kedua orang tua. Wiwik ternyata memiliki keinginan mendirikan sebuah mesjid dan keinginan itu telah tercapai,  Wiwik bahkan mendirikan  Mesjid dan  Musholla di Dolok Masihul dan kini kedua rumah ibadah itu telah di hibahkannya ke masyarakat atas nama kedua orang tuanya.
Wiwik bersama Istri Hj Rosmaida Saragih  mewakafkan mesjid dan Musholla yang di bangunnya kepada masyarakat Desa Dolok Manampang, Kec Dolok Masihul, Sergai dua rumah ibadah itu merupakan Hadian untuk Alm. Kedua orang tuanya tepat pada hari ulang tahun Wiwik.
Mesjid dan musholla itu juga mengambil kedua nama orang tuanya yakni ” ASLAMUDDIN” rumah ibadah itu hampir dua tahun penyelesaiannya. Warga Dolok Masihul pun sangat mengapresiasi kepedulian Wabup.
Kini Wiwik anak kampung ini memiliki cita-cita untuk membangun Sergai yang sudah baik menjadi lebih baik. Kepedulian serta jiwa sosial tinggi yang dimilikinya mendapat anugrah dari doa orang-orang yang telah ia bantu. Tujuh partai  kini mengusung H. Darma Wijaya dan H. Adlin  Tambunan sebagai Balon Bupati dan Wabup Sergai untuk mensukseskan pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Bahkan ke tujuh Partai pengusung ditambah beberapa partai pendukung. Bupati dan Wabup Sergai dengan sebutan ” DAMBAAN” Menjadi calon  pada kontestan Pilkada Sergai.(Maone)